Harga Cumi Ciparage Setara Daging Sapi

Harga Cumi Ciparage Setara Daging Sapi

 Kabar Karawang
Senin, 18 Mei 2020

Sejumlah ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ciparagejaya, memang mulai stabil setelah longgarnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah. Namun, ada yang menarik dari sekian banyak ikan yang di jajakan di lokasi pesisir Karawang tersebut, pasalnya, harga cumi yang di lelang di hargai Rp60 - 70 ribuan perkilogram, justru di jual bebas Rp100 ribuan di sekitaran lokasi lelang oleh para pedagang sekitar. 

"Di lelang gak ngerti cara belinya, katanya Rp70 ribuan, tapi kalau beli di pedagang pinggiran Muara, justru di banderol Rp100 ribuan, padahal tidak sesegar seperti yang di lelang, " Kata Warga Tempuran, Kasmin, Jumat (15/5).
Harga di Ciparage, sebut Kasmin, lebih mahal dibandingkan dengan ikan yang di jajakan di Blanakan dan Cilamaya yang berbatasan dengan Subang. Karena, harga cumi setara dengan daging sapi perkilogramnya, sementara harga ikan lainnya seperti Etong, juga mahal karena di banderol Rp45 ribu perkilogramnya, sementara di Blanakan hanya Rp30 ribuan. "Pedagang ikan di Ciparage membanting harga terlalu jauh, padahal di lelangnya murah. Sehingga setiap pengunjung yang datang dengan harapan bahwa ikan murah, ternyata hoax, " Keluhnya. 

Sebelumnya, Manajer TPI Ciparagejaya, Kartono mengatakan, harga ikan memang kembali stabil di lelang, ia merinci seperti Kakap putih harga menjadi Rp60ribu dari semula Rp35ribu, kemudian Tenggiri Rp55ribu dari sebelumnya Rp30 ribu. Adapun cumi, stabil lagi di kisaran Rp75 ribu perkilogram, dari semula hanya Rp50 ribu. Yang termahal, adalah Teri Galer yang semula Rp90 ribu menjadi Rp185 ribu. "Harga ini lagi padang bulan, nelayan jarang pada berangkat ke laut, " Ujarnya. (Rd)