Resmi, Menkes Akhirnya Dipecat Presiden karena Tak Becus

Resmi, Menkes Akhirnya Dipecat Presiden karena Tak Becus

Redaksi
Senin, 15 Juni 2020

Menteri Kesehatan Cile Jaime Manalich resmi dipecat dari jabatannya oleh Presiden Sebastian Pinera karena dianggap tak becus menjalankan tugas dalam menekan angka kematian akibat pandemi Covid-19.

Manalich dipecat pada Sabtu 13 Juni 2020 waktu setempat, dan langsung digantikan dengan Oscar Enrique Paris, seorang dokter akademik dan medis yang cukup punya nama di negara tersebut.

Presiden Pinera menganggap Manalich adalah biang keladi peningkatan kasus positif corona dan kematian yang tinggi di Cile.

Negara ini memiliki jumlah kasus tertinggi di Amerika Latin, yakni 167.355 positif Covid-19 dan 3.101 kematian per Sabtu 13 Juni. Namun, data itu tak sesuai dengan laporan ke WHO, yakni lebih dari 5.000 kematian, yang membuat Presiden Pinera tambah geram.

Manalich sebelumnya telah memenangkan pujian untuk kampanye agresif agar rumah sakit tetap dilengkapi dengan ventilator dan peralatan pelindung. Dia juga selalu memimpin konferensi pers harian yang terperinci atas perkembangan virus corona.

Namun, Pinera kerap mendengar keluhan adanya perkelahian antara pejabat di Kemenkes. Selain itu, Manalich juga banjir kritik oleh politisi dari partai oposisi, dan sejumlah kepala daerah serta pakar medis.

Sebabnya, Manalich kerap menolak merilis data penularan yang rinci. Ia juga dianggap telat menerapkan lockdown dan melakukan perubahan berturut-turut dalam kriteria untuk pencatatan kematian dan kasus. (R)