Satu Balon Kades Karyamukti Bakal Gugur Satu, Panitia : Harus Legowo ! - KABAR KARAWANG

Satu Balon Kades Karyamukti Bakal Gugur Satu, Panitia : Harus Legowo !

Peraturan Bupati Nomor 81 Tahun 2021 terkait skor dalam seleksi bakal calon kades sudah terbit. Bagi desa dengan jumlah balon lebih dari 5, siap-siap ada figur yang di gugurkan karena terbentur aturan maksimal. Indikator nilai, diatur secara khusus oleh Perbup, baik usia, pengalaman kerja, strata pendidikan dan hasil tes tulis.

Panitia Pilkades Karyamukti Kecamatan Lemahabang, Salim Ateng mengatakan, siap tidak siap, tim panti uji tingkat kecamatan dan kabupaten berwenang penuh memberikan penilaian. Dimana grade tertinggi, dipastikan lolos, sementara grade nilai rendah, suka tidak suka harus gugur karena aturan. Panitia sebut Salim, hanya sebagai fasilitator untuk menjembatani hasil seleksi tersebut dan mengumumkannya, maka semua pihak harus siap legowo dan menerimanya, karena kesempatan nyalon bisa kembali di lakukan di priode-priode berikutnya. "Kita yakinkan semua balon nanti. Kalau di Karyamukti 6 balon itu ya minat semua mencalonkan diri. Tapi ya namanya aturan harus di ikuti, " Pintanya, Kamis (4/2).

Salim Ateng, Panitia Pilkades Karyamukti

Dalam perbup pasal 45 sebut Salim, untuk lulusan SMP diberikan poin nilai 1, SMA nilai 2, D1-D3 nilai 3, S1 nilainya 4 dan S2 nilainya 5. Sementara di batasan usia, sambungnya, semakin "tua" calon, semakin besar nilainya, kecuali diatas usia 60 tahun yang poinnya cuma 1. Usia 25 - 30 tahun diberi skor 2, usia 31 - 40 skornya 3, usia 41 - 50 nilainya 4 dan tertinggi poin di usia yaitu berumur 51-60 tahun dengan skor 5 poin. Penilaian lainnya juga yaitu di pengalaman kerja, dimana masa pengalaman kerja yang paling lama yaitu 20 tahun lebih baik di pemerintahan desa, ASN maupun TNI/Polri diberi nilai 5. Dan terendahnya yaitu berpengalaman kerja kurang dari 5 tahun, hanya 1 poin saja. "Semua ada kriteria penilaiannya, baik usia, pendidikan maupun pengalaman kerja, " Ungkapnya. 

Atas dasar itu, bara bakal calon yang merasa kurang memenuhi kriteria, maka bisa diantisipasi lewat tes tulis yang poinnya adalah 1 - 100, sehingga tes tulis juga berkontribusi signifikan menentukan tambahan nilai bagi bakal calon. Ia berharap, semua tahapan dan seleksi yang di lakukan, bisa berjalan lancar, aman, damai dan tertib tanpa kendala.."Ada tes tulis, ini juga menentukan signifikan sih. Semoga semuanya lancar dan di fahami para balon kades berkenaan dengan aturan ini, " Pungkasnya. (Rd)
CLOSE ADS

CLOSE ADS