×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Perhatian !!! Mulai 1 Juni Layanan Google Photos Akan Berbayar

Minggu | 5/30/2021 03:07:00 AM WIB

Rencana Google untuk menerapkan pembayaran pada aplikasi wadah manajemen foto paling populernya yakni Google Photos bukan sekadar wacana. Mulai 1 Juni 2021 mendatang, layanan tersebut akan dikenakan biaya yang cukup mahal.

Melansir Gadget360, Senin 24 Mei, perusahaan membatasi 15GB per akun pengguna untuk gambar dan video beresolusi tinggi, namun pengguna masih dapat mengirimkan seluruh foto miliknya ke server online secara gratis.

Harga untuk ruang ekstra ditawarkan mulai dari 1,59 poundsterling atau sekitar Rp32.308 per bulan untuk 100GB, 2,49 poundsterling atau kisaran Rp50.586 untuk 200GB. Sedangkan 2TB dikenakan 7,99 poundsterling atau senilai Rp162.322.

Perlu dicatat bahwa gambar apa pun yang diunggah sebelum 1 Juni tidak akan dihitung dalam batas 15GB itu. Setelah mencapai batas 1 Juni, pengguna harus membayar untuk menambahkan lebih banyak penyimpanan melalui layanan Google One.

Sejatinya, ini bukanlah kabar baru, diketahui pada November tahun lalu, perusahaan membuat pengumuman tersebut tanpa menyebutkan alasan apa pun. Rumor yang beredar, Google telah kehabisan ruang server, atau hanya ingin menjual langganan Google One untuk penyimpanan ekstra.

Berikut cara mengekspor cadangan akun Google Photos Anda:

1. Buka Google Foto di desktop Anda dan klik Pengaturan.

2. Gulir ke bawah ke bagian "Ekspor data Anda", dan klik tombol Cadangan di bawahnya.

3. Pada layar berikutnya, pilih frekuensi ekspor Anda (satu ekspor dalam kasus ini), jenis file untuk ekspor (.zip atau .tgz) dan ukuran maksimum file.

4. Klik pada tombol Buat Ekspor. Perlu diperhatikan, mungkin diperlukan setidaknya beberapa jam bagi Google untuk membuat file cadangan Anda. Anda akan mendapatkan email saat file Anda siap untuk diunduh.***VOI

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS